Tahu Kupang Mbak Titi, Kreasi Kuliner Khas Kota Pasuruan Milik Warga Trajeng

  • May 17, 2024
  • ANDI MAULANA

Trajeng Kota Pasuruan. Siapa yang tidak tahu, Kupang merupakan salah satu makanan khas Kota Pasuruan. Namun selama ini kupang biasa dinikmati dengan lontong dan sate kerang. Akan tetapi, sekarang makanan laut kaya protein ini bisa dinikmati dengan olahan berbeda yakni tahu kupang.

Tahu kupang merupakan salah satu kreasi kuliner UMKM di Kota Pasuruan. Jajanan ini mulai dikenal dan digemari terutama bagi para pecinta kupang. Tahu kupang merupakan penganan sejenis tahu isi. Namun yang berbeda adalah isinya kupang. Tahu kupang paling enak dinikmati saat hangat. Apalagi ditambah cocolan petis dan cabai rawit. 

Salah satu kreasi kuliner UMKM di Kota Pasuruan yang berasal dari Trajeng ini, mulai banyak digemari oleh para pecinta kuliner yang ada di wilayah setempat. Bahkan, kreasi kuliner olahan kupang ini juga mendapatkan apresiasi khusus dari istri Wakil Wali Kota Pasuruan / Wakil Ketua 1 Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Suryani Firdaus, yang tak lain merupakan pelanggan setia tahu kupang.

“Alhamdulillah, Tahu Kupang yang saya buat ini banyak peminatnya. Salah satu yang jadi pelanggan Tahu Kupang saya adalah Bunda Ani (Istri Wawali Kota Pasuruan.red),” kata Fittriyah owner Tahu Kupang Mbak Titi

Pemilik Tahu Kupang Mbak Titi, mengatakan ia memulai kreasi tahu kupang sejak 2017. Tak ujug-ujug jadi, ia sempat gonta-ganti resep hingga akhirnya berhasil menemukan resep yang tepat.

"Awal kepikiran buat tahu kupang karena saya nggak suka makan kupang lontong karena bau kupangnya menyengat. Akhirnya saya coba menu tahu kupang. Ini dijamin bau kupangnya hilang," kata Fittriyah di rumahnya di Jalan Kolonel Sugiono 18 Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Jumat (17/05/2024)

Perempuan berkacamata ini mengatakan ia memilih kreasi tahu kupang karena selama ini Kota Pasuruan dikenal penghasil kupang. "Jadi kenapa tidak kupang dibikin olahan lain seperti tahu kupang," jelasnya.

Tahu Kupang ini, dijual dengan harga Rp 11.000 saja per box

Fittri juga mengatakan bahwa produknya sudah berijin dan memiliki sertifikat hala/

"Alhamdulillah, secara administrasi sduah terpenuhi, tinggal daftar merek, " pungkasnya