Warga Trajeng Optimis Raih Kategori Pratama Dalam Ajang Kelurahan Berseri

  • May 17, 2024
  • ANDI MAULANA

Trajeng Kota Pasuruan — Warga Kelurahan Trajeng kompak untuk terus melaksanakan kerja bakti di lingkungannya, hal ini diakukan selain untuk menjaga lingkungan dikarenakan musim penyakit DBD juga agar Trajeng bisa mendapatkan kategori Pratama dalam ajang lomba Kelurahan Berseri tingkat provinsi Jawa Timur.  Pada tahun 2023, Trajeng meraih juara 3 sebagai Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri). Dan pada tahun ini, Lurah Trajeng Muhammad Erfan Effendy biasa disapa Erfan ini menargetkan Trajeng memperoleh kategori pratama.  

"“Yang kita ikutkan ada empat (4) RT di dua (2) RW, untuk RW 01 itu ada dua RT dan di RW 04 ada dua RT. Tapi nanti semuanya itu akan ditinjau, dan kita jadwalnya 21 Juni 2024”, kata Muhammad Erfan Effendy, Rabu (15/5) pagi.

Dalam persiapannya menghadapi perlombaan tersebut, sejumlah warga khususnya di lingkungan RW 01 dan RW 04 kelurahan Trajeng bahu-membahu melakukan kerja bakti sekaligus membuat kampung mereka agar menjadi lebih bersih, indah dan juga asri

“Nanti yang dinilai itu dari sisi penghijauan, yaitu tanaman toganya harus lengkap minimal satu rumah itu ada dua atau tiga, lalu tingkat kebersihan, inovasi, daur ulang sampah dan pembuatan komposter, ada bank sampah, KRPL (kawasan rumah pangan lestari) atau karangkitri dan lainnya”, ujar Erfan

Sejauh ini, pihak Kelurahan Trajeng sendiri mengaku sudah memiliki produk unggulan hasil olahan Khususnya KRPL di lingkungan RT 01 RW 04 berupa minuman herbal, selai dan juga teh yang bahannya terbuat dari bunga tanaman Rosella dengan brand Rosita dan sudah bersertifikasi halal.

“Yang resmi bahkan kita sudah ajukan serifikat halal itu produk hasil olahan Rosella yang diberi nama Rosita (rosella sehatkan hati kita. red) ada berupa teh, selai lalu minuman dingin langsung saji dan itu tergantung selera. Juga ada labu dibuat krupuk”, terang Lurah Erfan, panggilan akrabnya.

Dikatakan oleh Lurah Erfan, terdapat ada 3 kelurahan di Kota Pasuruan yang ikut diajang kategori Berseri Pratama tingkat Provinsi Jatim diantaranya adalah Kelurahan Bukir, Mandaranrejo dan Kelurahan Trajeng.

“Kemarin kita turun ke lapangan, terutama untuk memotivasi dan mengajak warga RT lain untuk ikut serta merubah lingkungan agar lebih Berseri. Intinya kita harus tetap semangat, terus berusaha dan mau berbenah, “, pungkasnya. 

Untuk sekedar informasi, dalam ajang perlombaan Kelurahan Berseri itu sendiri meliputi ada beberapa kategori, mulai dari kategori Berseri Rintisan, Pratama, Madya hingga kategori Berseri Mandiri.